ZA Satu Mobil dengan Teman Sekantor dari Surabaya, Positif COVID-19

0
42

Pertama.id-Jumlah pasien positif COVID-19 di Kota Madiun, Jatim, bertambah satu orang. Sehingga secara keseluruhan kasus terpapar virus corona jenis baru itu hingga Kamis (6/8) mencapai 36 orang.

Berdasarkan pernyataan yang dikeluarkan Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat, penambahan sebagai kasus nomor 36 tersebut terindikasi karena kontak erat kasus konfirmasi COVID-19 warga Kabupaten Ponorogo.

“Kasus nomor 36 ini berinisial ZA (55) berjenis kelamin laki-laki warga Kelurahan Tawangrejo,” ujar Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Diskominfo Kota Madiun, Noor Aflah, dalam keterangannya di Madiun, Kamis malam.

Hasil penelusuran, ZA merupakan teman sekantor kasus konfirmasi warga Kabupaten Ponorogo tersebut. Keduanya, sama-sama bekerja di Surabaya. ZA melakukan kontak terakhir dengan temannya warga Ponorogo tersebut pada 12 Juli lalu. Keduanya, sama-sama pulang dari Surabaya dengan mobil pribadi.

Dugaan terpapar COVID-19 muncul setelah mendengar kabar temannya warga Ponorogo tersebut terkonfirmasi virus corona. ZA lalu melakukan tes usap (swab) di rumah sakit dan berstatus kontak erat bergejala. Sebab, ZA sempat mengalami keluhan mual dan lemas.

“ZA terkonfirmasi COVID-19 berdasar hasil tes usap yang keluar hari ini. Kini ZA melaksanakan isolasi mandiri di rumah dengan menerapkan protokol kesehatan,” kata dia. Adanya tambahan satu kasus baru itu menjadikan total kasus konfirmasi COVID-19 di Kota Madiun menjadi 36 orang.

Dari jumlah itu, 18 orang di antaranya sudah sembuh, satu meninggal dunia, tujuh orang masih dalam perawatan, serta 10 lainnya menjalankan isolasi mandiri di rumah. Pemkot Madiun mengimbau warga setempat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19. (JPNN/Red)

LEAVE A REPLY