Ya Ampun, Ada Hoaks Foto #2019GantiPresiden Catut UMM

0
68

Pertama.id-Pengguna media sosial baik Facebook, Twitter hingga Instagram dan layanan pesan WhatsApp belakangan ini dihebohkan sebuah foto inaugurasi mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang membentuk formasi #2019GantiPresiden. Foto itu menjadi viral dan dianggap seolah-olah buatan UMM.

Terlebih, dalam foto itu ada logo UMM. Foto itu mulai menyebar usai perayaan penerimaan mahasiswa baru UMM pada Senin lalu (3/9).

Setiap tahun, UMM memang membuat formasi berupa gambar atau tulisan dengan memanfaatkan jas almamaternya. Istilahnya jas merah mob.

Ternyata, UMM menepis foto itu. Rektor UMM, Drs Fauzan memastikan foto yang menunjukkan formasi #2019GantiPresiden dengan jas merah mob murni hoaks.

“Kami sudah membuat keterangan resmi bahwa foto yang disebar di dunia maya itu hoaks. Kami tidak membuat flashmob semacam itu,” katanya kepada JawaPos.com, Sabtu (8/9).

Fauzan menambahkan, UMM sudah menyampaikan bantahan itu melalui akunnya di media sosial. Selanjutnya, UMM bakal menempuh jalur hukum untuk memerkarakan pembuat foto hoaks itu.

Menurut Fauzan, tim UMM sudah mengidentifikasi terduga pembuat foto hoaks tersebut. Dia menduga pembuat foto hoaks itu hendak mencari perhatian.

“Nanti itu tim hukum yang akan mengurus, yang jelas kami menempuh upaya hukum. Mungkin terduga pelaku itu ingin cari perhatian saja. Kebetulan momennya pas,” bebernya.


FOTO ASLI: Formasi jas merah yang dibentuk ribuan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Senin (3/9). Foto: Humas UMM)

Sedangkan kreator formasi jas merah mob UMM Jamroji menyayangkan ulah oknum yang mengedit foto itu sehingga bermuatan politis. “Kenapa harus dipelesetkan yang mengarah ke persoalan politik. Apalagi ini menyangkut nama besar lembaga,” keluhnya.

Menurutnya, hoaks itu bisa mengarah ke fitnah. Dia menegaskan, formasi asli yang mereka bentuk adalah Merah Putih, wajah KH Ahmad Dahlan, Student Today, Leaders Tomorrow, logo UMM, peta Indonesia dan Pray for Lombok.

Karena itu Jamroji memastikan tak ada formasi #2019GantiPresiden. “Kami masih punya etika kok,” pungkasnya.(tik/JPC)

LEAVE A REPLY