Unik! KPU Depok Sosialisasi Pemilu di Kolong Jembatan

0
52

Pertama.id-Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Depok bersama Komunitas Ciliwung Depok (KCD) punya cara unik mensosialisasikan Pemilu 2019 di wilayahnya. Sosialisasi yang menyasar komunitas peduli lingkungan se-Kota Depok di Sungai Ciliwung itu digelar di kolong Jembatan GDC, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas, Minggu (24/2).

Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna mengatakan, dalam pemilu semua pihak memiliki peran penting, termasuk stakeholder peduli lingkungan yang mayoritas merupakan pemilih pemula dalam demokrasi lima tahunan di negara ini. “Saya mengajak teman-teman sebagai pemilih pemula dan pemilih muda jangan sampai alergi terhadap politik,” kata Nana kepada Radar Depok.

Nana mengungkapkan, kegiatan ini juga sekaligus dalam rangka Peringatan Hari Sampah Nasional (PHSN). Untuk itu, pihaknya merasa penting untuk terlibat untuk melakukan edukasi dan sosialisasi kepada pencinta lingkungan hidup, mengajak mereka yang peduli terhadap lingkungan untuk menciptakan lingkungan yang bebas sampah, Sungai Ciliwung yang bersih dan bebas sampah, baik organik maupun an-organik.

Di sisi lain mereka juga harus peduli terhadap pesta demokrasi lima tahunan sekali yang akan digelar pada 17 April 2019.

Menurutnya, KPU Kota Depok terus menggencarkan sosialisasi Pemilu 2019 kepada masyarakat, tak terkecuali kepada kelompok tertentu, seperti komunitas peduli lingkungan yang banyak didalamnya adalah pemilih pemula atau pemilih muda.

“Pemilih pemula dan pemilih muda yang menjadi sasaran kegiatan sosialisasi kali ini adalah komunitas peduli lingkungan dan Sungai Ciliwung, yang dihadiri oleh lebih dari 100-an orang pemilih pemula dan pemilih muda,” papar Nana.

Dia mengatakan, hal ini juga sebagai bentuk upaya dan ikhtiar KPU Kota Depok dalam rangka meningkatkan tingkat partisipasi pemilih di Kota Depok, KPU Kota Depok terus melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat termasuk kepada pemilih pemula dan pemilih muda dari berbagai kalangan, termasuk mereka yang peduli lingkungan.

“KPU Kota Depok berkomitmen untuk terus memberikan pemahaman serta tahapan pemilu kepada masyarakat, kemudian kami juga tidak boleh mengabaikan mereka yang muda, karena itu kami harus terus memberikan pelayanan terbaik kepada mereka pemilih muda tersebut,” terangnya.

Secara data, Nana menambahkan sekitar 2.400 pemilih pemula yang tercantum dalam daftar pemilih, karena itu mereka harus terus diberikan informasi tentang pemilu 2019.

“Pada kegiatan itu, kami juga mengecek kepada mereka apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum, menginformasikan bahwa nanti pada saat hari pencoblosan, 17 April 2019 mereka akan menerima lima lembar surat suara, mereka juga kami berikan informasi tentang partai politik peserta pemilu,” pungkas Nana. (cky)

LEAVE A REPLY