TKN Jokowi: Kartu Prakerja Investasi Jangka Panjang

0
78

Pertama.id-Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin, Ace Hasan Syadzily mengatakan, kartu prakerja Presiden Jokowi bukan untuk menggaet suara pengangguran. Ace menegaskan bahwa kartu prakerja merupakan solusi jangka panjang bagi rakyat Indonesia yang menginginkan segera mendapatkan pekerjaan.

“Ini bukan hanya untuk penganguran justru ini adalah solusi jangka panjang,” kata Ace di gedung parlemen, Jakarta, Jumat (8/3).

Dia menegaskan, kartu prakerja tidak ada kaitan dengan memberi gaji terhadap pengangguran. Menurut dia, kartu prakerja adalah investasi jangka panjang terhadap anak muda Indonesia agar mereka memiliki keterampilan dan kemampuan disesuaikan dengan kondisi yang ada.

“Entah sebagai pegawai, entah sebagai wirausaha, entah itu mereka akan disiapkan akan disalurkan ke dunia kerja,” ungkap Ace.

Ace menjelaskan orientasi pemerintahan Jokowi lima tahun ke depan adalah pengembangan sumber daya manusia. Menurutnya, ketika ada lulusan SMA atau SMK yang pengin cepat bekerja, mereka mendapatkan kartu prakerja.

Mereka diberikan skill, dan pelatihan agar betul-betul menjadi anak muda yang memiliki kemampuan, dan keterampilan yang berdaya saing.

“Jadi, ini sebetulnya tidak hanya kaitannya dengan untuk mengatasi pengangguran, tetapi ini adalah cara yang kami tawarkan untuk rakyat Indonesia agar mereka betul-betul menjadi tenaga kerja yang terampil dengan kartu prakerja ini,” katanya.

Terkait anggaran untuk kartu prakerja yang banyak dikritik, Ace menuturkan bahwa di periode pertama Jokowi, memang banyak diarahkan untuk infrastruktur. Karena itu, ujar Ace, di periode kedua pemerintahan Jokowi nanti skema anggaraan lebih diarahkan kepada SDM.

“Pada masa Pak Jokowi di era kedua akan diarahkan ke SDM yang didalamnya ada kartu prakerja ini. Jadi, saya kira tidak perlu di khawatirkan soal itu,” ungkap Ace.

Seperti diketahui, salah satu program kartu baru Presiden Jokowi yakni kartu prakerja untuk masyarakat yang sedang mencari pekerjaan mengundang kontroversi. Jokowi berjanji pemegang kartu prakerja akan menerima gaji selama belum mendapat pekerjaan. (boy/jpnn)

LEAVE A REPLY