Terjerat Kasus, Taufik tidak Perlu Mundur dari DPR

0
64

Pertama.id- Ketua DPR Bambang Soesatyo kaget dan prihatin atas penetapan koleganya Taufik Kurniawan sebagai tersangka kasus suap terkait perolehan anggaran DAK fisik pada perubahan APBN untuk alokasi APBD Perubahan Kabupaten Kebumen, Jateng tahun 2016.

Legislator yang karib disapa Bamsoet itu berharap semua pihak mengedepankan asas praduga tidak bersalah dalam kasus yang menimpa wakil ketua DPR bidang ekonomi tersebut.

“Kami, pimpinan sebagai kolega Pak Taufik kaget dan prihatin dan mendoakan beliau bisa menjalankan proses hukum, sabar, tabah, dan cepat selesai,” ujar Bambang di gedung DPR, Jakarta, Rabu (31/10).

Politikus berlatar belakang pengusaha dan wartawan itu mengaku akan berkoordinasi bersama pimpinan DPR lain, salah satunya membahas persoalan masa reses.

“Tentu nanti bagian Pak Taufik reses saya yang akan mengambil alih untuk menggantikan beliau untuk waktu reses manakala beliau tak hadir di DPR,” jelasnya.

Dia menambahkan, tugas dan fungsi Taufik di DPR tentu akan dibahas kemudian. Taufik juga sampai saat ini belum menyampaikan pendirian atau sikapnya, apakah akan tetap melakukan tugas-tugasnya atau meminta cuti.

Pimpinan akan terus berupaya berkomunikasi dengan Taufik, untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan.

“Kebetulan besok reses sehingga tak ada yang perlu dikhawatirkan. Kami akan atasi masalah-masalah secara bersama sebagai kolega,” ujarnya.

Bamsoet berharap Taufik tetap hadir dan aktif di kantor DPR. Dia menyarankan Taufik tidak perlu mengundurkan diri sebagai wakil ketua DPR.

“Tidak perlu mundur sambil melaksanakan proses hukum yang berjalan,” ujarnya.

Sebab, ujar Bamsoet, sejauh ini belum ada putusan berkekuatan hukum tetap dalam kasus Taufik.

Namun, Bamsoet mengembalikan semuanya kepada partai maupun fraksi. “Kami serahkan sepenuhnya,” tegas Bamsoet.

Lebih jauh Bamsoet mengaku Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah juga sudah berkomunikasi dengan Taufik. Saat ini Taufik diketahui tengah berada di luar kota.

“Kami membesarkan hatinya untuk tetap tabah melaksanakan proses hukum yang berjalan,” katanya.

Bamsoet mengaku terus berupaya meningkatkan citra DPR. Dia mengaku tidak mengetahui kasus yang menjerat Taufik.

“Kami serahkan pada nanti proses hukum yang sedang berjalan. KPK sedang menjalankan prosesnya, kami dalam posisi ikut mendorong proses,” jelasnya. (boy/jpnn)

LEAVE A REPLY