Tampilkan Wayang Wolak-Walik, Relawan Perempuan Tangguh Pilih Jokowi Gelar Syukuran

0
56

Pertama.id-Kelompok Relawan Perempuan Tangguh Pilih Jokowi (Pertiwi) menggelar tasyakuran dan doa atas kemenangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin di Lapangan Pancoran Buntu, Jakarta Selatan, Jumat (3/5) malam.

Ungkapan syukur ini karena berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei dan hasil hitung riil KPU dengan data yang masuk lebih dari 60 persen menyebutkan pasangan nomor urut 01 menang di kisaran 56 persen.

Tasyakuran dan doa bersama ini juga menampilkan kesenian Wayang Wolak-Walik yang diciptakan oleh Dalang Jumali atau yang kerap disapa Lek Jum. Acara mengambil tema Bersatu Kembali Membangun Bangsa Bersama.

Warga tampak antusias dengan tasyakuran tersebut. Mereka tumplak di lokasi acara untuk melihat wayang sekaligus bercengkerama satu sama lain untuk melupakan segala jenis rivalitas politik yang memanas sejak beberapa bulan terakhir.

”Kami senang ada relawan bikin acara tasyakuran sekaligus hiburan wayang seperti ini. Jadi warga bisa berbaur, saling ngobrol. Ada yang dulu panas karena beda pilihan antara Pak Jokowi dan Pak Prabowo, sekarang melebur dan ngobrol akrab. Senang deh pokoknya,” ujar Siti Aminah, warga Pancoran yang ikut hadir di acara tersebut.

Warga tampak khusyuk mengikuti tasyakuran dan doa bersama. Mereka berdoa untuk Indonesia yang terus damai dan maju. Warga juga bergembira menyaksikan pertunjukan Wayang Wolak-Walik yang dibawakan Dalang Jumali, dikenal sebagai dalang yang memanfaatkan bahan daur ulang sampah untuk wayangnya.

Sementara itu, Dara Wahid dari Pertiwi mengatakan, syukuran ini adalah wujud sukacita atas kemenangan Jokowi dan KH Maruf Amin berdasarkan hasil quick count dan real count sementara KPU.

“Meski tasyakuran kemenangan Jokowi-Amin, acara terbuka bagi semuanya. Kami menjadikan ini pesta rakyat, berbaurnya para pendukung kedua kandidat. Kita semua sepakat, sudah enggak ada lagi 01 dan 02, yang ada cuma cinta kepada Indonesia,” ujarnya.

Dia mengatakan, Pertiwi sengaja menggelar pertunjukan wayang agar masyarakat terhibur sekaligus teredukasi dengan pesan-pesan yang disampaikan.

“Kami memilih Wayang Wolak-Walik untuk memberi ruang berkesenian yang luas bagi para pelaku perwayangan. Apalagi, Wayang Wolak-Walik ini sarat terobosan dan kreativitas. Ini sekaligus menerjemahkan semangat Pak Jokowi untuk selalu menjadikan kebudayaan sebagai pilar dari perilaku politik dan bermasyarakat,” pungkas Dara. (*/adk/jpnn)

LEAVE A REPLY