Survei: Gorontalo Bakal Jadi Kuburan Petahana dan Partai Baru

0
35

Pertama.id-Dapil Gorontalo diperkirakan jadi kuburan bagi caleg DPR petahana. Mereka tergusur oleh gelombang pendatang baru rasa lama yang ikut memperebutkan jatah tiga kursi di dapil tersebut.

Survei Y-Publica menunjukkan bahwa Idah Syahidah memiliki elektabilitas tertinggi dengan 19,6. Caleg pendatang baru ini adalah istri Rusli Habibie, gubernur petahana Gorontalo.

Posisi kedua ditempati caleg pendatang baru lainnya, yakni Rachmat Gobel. Mantan menteri perdagangan itu punya elektabilitas 13,4 persen.

Di bawah Gobel ada Hana Hasanah yang tak lain adalah istri mantan Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad. Caleg PPP itu memiliki elektabilitas 9,6 persen.

“Majunya figur-figur kelas berat tersebut diperkirakan bakal menggeser caleg petahana, terpental dari kursi Senayan,” ungkap Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam siaran pers di Jakarta, Senin (4/3).

Para petahana yang dimaksud adalah caleg Golkar Roem Kono (8,0 persen) dan Elnino M Husein Mohi dari Gerindra (5,3 persen). Sementara, petahana lainnya, Fadel Muhammad memutuskan tidak maju lagi.

Sementara caleg-caleg lainnya tak ada yang memiliki elektabilitas di atas 5 persen. Karena itu, hampir mustahil bisa menyodok ke tiga besar.

“Menariknya, di antara nama-nama tersebut hampir tidak ada dari partai politik (parpol) baru seperti Perindo dan Berkarya,” kata Rudi.

LEAVE A REPLY