Samsung DeX Pindahkan Pengalaman Komputasi ke Ponsel, Begini Caranya

0
24

Pertama.id, JAKARTA – Pernah terpikir untuk tidak lagi direpotkan dengan perangkat laptop dalam waktu-waktu tertentu? Memindahkan pengalaman komputasi ke dalam perangkat lebih kecil, seperti ponsel pintar, menjadi perhatian khusus Samsung sejak beberapa tahun belakang.

Hasilnya, terwujudlah fitur andalan yang mereka sebut Samsung DeX. Ini merupakan mode tersembunyi yang ketika diaktifkan, menghadirkan pengalaman komputasi dari sebuah ponsel.

Apa itu Samsung DeX
Sederhananya, Samsung DeX memungkinkan ponsel kamu berubah layaknya sebuah laptop atau desktop.

Samsung DeX sendiri pertama dikenalkan di dalam diri Galaxy S8 dan Galaxy S8+, namun kala itu pengguna harus mempunyai docking station, yang dijual terpisah.

Tetapi itu dahulu. Samsung DeX kini sudah mengalami perubahan drastis dan makin mempermudah penggunanya.

Ya, kini tanpa harus punya docking tambahan, tinggal colok ke monitor, TV atau bahkan laptop sekalipun, beres.

Selain itu, di Galaxy Note 10, transformasi Samsung DeX tak lagi sekadar mengubah ponsel jadi serupa kompoter dekstop, tetapi kini bisa mengendalikan smartphone lewat laptop.

Menariknya, tak hanya komputer berbasis Windows saja yang mendukung fitur ini. Samsung DeX juga bisa menghubungkan perangkat Galaxy Note 10 dengan laptop MacBook yang menggunakan sistem operasi MacOs.

Dengan DeX, transfer berkas antarkedua perangkat bisa dilakukan secara mudah lewat drag and drop. Sejumlah aplikasi Android di Galaxy Note 10 pun bisa ditampilkan di MacBook dan telah dioptimalkan untuk ukuran layar laptop.

Artinya, Samsung DeX memungkinkan pengguna mengakses smartphone dan MacBook secara bergantian.

Cara menggunakan Samsung DeX
Pertama, Anda harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi Samsung DeX. Seperti disinggung di atas, fitur ini kompatibel untuk pengguna Windows 7, 10 dan Mac OS 10.13 ke atas.

Setelah diunduh, buka aplikasi Samsung DeX dan kemudian hubungkan kedua perangkat, cukup dengan kabel USB Type-C ke USB Port atau adapter HDMI di laptop atau layar. Lalu biarkan tersinkronisasi.

Kegunaan Samsung DeX
Setidaknya ada beberapa keuntungan memanfaatkan fitur Samsung DeX, antara lain:

1. Memudahkan saat presentasi. Di mana Anda tinggal mengakses ponsel dan laptop secara bergantian, tanpa ribet. Seperti memindahkan dokumen, foto hingga video.

Sebaliknya, jika DeX digunakan pada laptop, Anda bisa menggunakan mouse dan keyboard agar melakukan pekerjaan menjadi mudah.

2. MS Office Suite bisa dibuka kapan pun Anda membutuhkannya, terutama ketika pengin presentasi.

3. Samsung DeX bisa dimanfaatkan untuk panggilan video conference, dengan tampilan lebih besar.

3. Foto dan video yang perlu diatur ulang bisa diperiksa lagi dengan lebih detail dan mengeditnya langsung dengan Samsung DeX melalui PC atau Mac. Bahkan jika Anda sambil menonton film, ini merupakan pengalaman multitasking terbaik.

4. Bermain game menggunakan DeX, untuk pengalaman bermain lebih baik karena menggunakan layar yang lebih besar.

5. Pengembangan Samsung DeX salah satunya, sudah mendukung banyak aplikasi favorit. Meluputi MS Office Suite, Adobe Premiere Rush, Adobe Photoshop Sketch, Adobe Photoshop Mix, YouTube, Spotify, Google Play Movies & TV dan lain-lain.

Dengan demikian, melalui fitur DeX, Samsung berharap pengguna Galaxy Note 10 series bisa mendapatkan pengalaman lebih baik, pada aktivitas multitasking maupun pendukung peningkatan produktivitas. (mg8/jpnn)

Sumber : JPNN

LEAVE A REPLY