PSI: Jokowi Kembalikan SDA Papua ke Pangkuan Pertiwi

0
37

Pertama.id-Pada akhir tahun ini, sebesar 51,23 persen saham PT Freeport Indonesia akan menjadi milik BUMN PT Inalum. Ini menjadikan pemerintah pemegang mayoritas saham perusahaan tambang tersebut.

Jubir PSI Dedek Prayudi mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang telah memungkinkan ini terjadi. Namun, dia tidak kaget oleh pencapaian besar tersebut.

“Kami tahu betul visi kedaulatan dan kerja keras Pak Jokowi. Suka atau tidak suka kepada Presiden Jokowi, siapapun harus mengakui bahwa ini adalah momentum kembalinya kedaulatan sumber daya Papua ke pangkuan Pertiwi,” kata Dedek dalam keterangan tertulisnya, Jumat (28/9).

Menurut Dedek, PSI berharap keuntungan dari Freeport ke depannya digunakan untuk kepentingan masyarakat. Terutama mengejar ketinggalan pembangunan manusia di wilayah Papua.

Meski telah melesat jauh, indeks pembangunan manusia di Papua dan Papua Barat saat ini masih tergolong rendah. “Besar harapan kami, hadirnya Freeport yang sudah di akuisisi ini agar mendorong akselerasi IPM di Papua agar jauh lebih cepat,” pungkas dia. (dil/jpnn)

LEAVE A REPLY