Presiden Jokowi Minta ke Raja Salman Kuota Haji RI Jadi 250 Ribu

0
60

Pertama.id-Pertemuan Presiden Jokowi dengan pemimpin Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud pada Minggu (14/4) menghasilkan penambahan kuota haji RI sebesar 10 ribu jemaah untuk Tahun 1440 H/2019.

“Itu pun saya sudah menyampaikan kepada Raja Salman agar diberikan tambahan lagi. Saya masih minta lagi, tapi belum dijawab langsung. (Raja) sudah (bilang) iya tapi belum dijawab langsung (angkanya),” kata Jokowi di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (16/4).

Dengan penambahan 10 ribu, maka kuota calon jemaah haji RI dari 221 ribu menjadi 231 ribu orang. Karena angka tersebut dirasa belum cukup, Presiden ketujuh RI tersebut kembali memita tambahan lagi.

“Permintaan kita kemarin 250 ribu karena saya sampaikan calon-calon jemaah haji di Indonesia harus nunggu 35-40 tahun, berarti lahir harus sudah daftar. Sudah saya sampaikan secara langsung saat itu, bisa (saja) beliau tiba-tiba (putuskan) ditambah,” jelas Jokowi.

Adanya penambahan ini akan segera ditindaklanjuti oleh Kementerian Agama RI dengan DPR. Sebab, tambahan kuota haji tersebut berimplikasii terhadap sejumlah hal kompleks, antara lain soal biaya penyelenggaraan ibadah haji. (fat/jpnn)

LEAVE A REPLY