Polri Dalami Bantahan Caleg PAN Soal Sebarkan Hoaks Lion Air

0
47

Pertama.id-Bareskrim Polri memeriksa salah satu calon anggota legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN) Mustofa Nahrawardaya terkait dugaan penyebaran hoaks jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP.

Dalam pemeriksaan, Mustofa yang juga pegiat media sosial itu membantah menyebarkan hoaks. Dia mengaku, cuitan di akun Twitter @AkunTofa itu adalah kode kepada istri.

Dengan adanya bantahan itu, Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, penyidik akan mendalaminya.

“Kemarin sudah diklarifikasi dan sekarang sedang didalami oleh Dittipidsiber karena dia menggunakan kode-kode katanya. Kode-kode ini, logis tidak dengan istri sendiri menggunakan kode-kode,” kata  Setyo di Mabes Polri, Senin (6/11).

Setyo menambahkan, tidak menutup kemungkinan penyidik bakal memanggil Mustofa kembali untuk dimintai keterangan tambahan.

“Kalau diperlukan mungkin (dipanggil lagi), tapi kalau tidak ya enggak,” sambung dia.

Sebelumnya, Mustofa membantah telah menyebarkan hoaks terkait insiden kecelakaan pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta-Pangkalpinang melalui akun @AkunTofa.

Mustofa mengatakan, cuitan tersebut merupakan kode yang hanya diketahui oleh istrinya saat hendak menjemput orang penting. “Itu kode untuk istri, misal saya jemput tokoh siapa maka saya kasih kode di Twitter,” ujar Mustofa, Kamis (1/11).

Dia berdalih memilih Twitter sebagai sarana komunikasi yang penting dengan istri karena alasan keamanan. Dia mengaku nomornya telah dikloning orang tak bertanggung jawab sehingga percakapan penting melalui SMS khawatir tersebar.

Adapun cuitan Mustofa yang dipermasalahkan berbunyi, “Kabar dari temen saya di Halim, Lion Air sudah mendarat di Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Alhamdulillah.”

Cuitan itu ditulis sesaat setelah pesawat Lion Air JT610 dikabarkan hilang kontak. Beberapa saat kemudian, Basarnas menyatakan bahwa pesawat jatuh di laut. Cuitan Mustofa itu kemudian dihapus beberapa saat kemudian.

Namun, oleh warganet, cuitan itu telah dicapture dan disebarkan. Banyak yang menyebut Mustofa sebagai penyebar hoaks atas cuitan itu. (cuy/jpnn)

LEAVE A REPLY