Pemilu Lancar Salah Satu Faktor Penunjang Tumbuhnya Perekonomian

0
43

Meski performa ekonomi RI pada kuartal pertama lalu tidak sesuai harapan, pemerintah tetap optimistis target pertumbuhan ekonomi tahun ini tercapai. Belakangan, sejumlah indikator menunjukkan tren positif.

Pemerintah yakin kinerja perekonomian pada kuartal kedua tahun ini meningkat sehingga target pertumbuhan 5,2 persen akan tercapai.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut panen raya sebagai salah satu indikator yang membuatnya optimistis mengenai pertumbuhan ekonomi.

Tahun ini panen raya terjadi pada awal kuartal kedua. Sementara itu, tahun lalu panen raya terjadi pada kuartal pertama.

”Arah pertumbuhan ekonomi akan baik pada kuartal kedua,” ujar pria 70 tahun itu saat dijumpai di rumahnya Rabu (5/6).

Selain dampak positif pemilu yang berjalan lancar, momen Ramadan dan Lebaran menjadi faktor penunjang tumbuhnya perekonomian.

Sebab, pada Ramadan dan Lebaran, tingkat konsumsi masyarakat meningkat pesat. Bukan hanya pada lingkup korporat, melainkan juga rumah tangga.

”Mungkin pengeluaran konsumtif kita tidak sebagus tahun lalu. Tapi, paling tidak kita bisa mengharapkan pengeluaran dari LNPRT (lembaga nonprofit yang melayani rumah tangga) meski tidak banyak,” terang Darmin. Karena itu, pemerintah yakin perekonomian RI masih akan tumbuh. (vir/ken/c12/hep)

sumber:JPNN

LEAVE A REPLY