PAN Sebut Survei LSI Selalu Meleset

0
17

Pertama.id-Ketua DPP PAN Yandri Susanto memprotes hasil Lingkaran Survei Indonesia alias LSI per Desember 2018 yang menyatakan partai besutan Zulkifli Hasan itu belum pada posisi aman untuk lolos parliamentary threshold (PT) 4 persen.

Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat itu menyebut LSI memang dari dulu tidak pernah menyurvei PAN lolos, tapi pada kenyataannya hasil itu meleset.

“Kalau LSI, sejak dunia ini ada memang tidak pernah buat PAN itu lolos dari parlemen. Buka saja rekam jejaknya, tapi selalu saja hasilnya meleset,” kata Yandri kepada wartawan di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (10/1).

Sekretaris Fraksi PAN di DPR itu mengatakan, hasil survei LSI tidak pernah menempatkan partainya  meraih lebih dari dua persen di pemilu.

Namun, kata Yandri, pada faktanya hasil survei itu selalu meleset. PAN bisa meraih di atas dua persen.

“Hasilnya PAN tuh lebih dari tujuh persen setiap pemilu,” katanya. Bahkan, Yandri meyakini, partai berlambang matahari putih itu bisa lolos PT empat persen pada Pemilu 2019 nanti.

Lebih jauh Yandri juga tidak sepakat dengan argumentasi LSI yang menyebut pamor dan pengaruh Ketua Dewan Kehormatan PAN Muhammad Amien Rais menurun, sehingga tidak mampu mendongkrak elektabilitas partai.

“Ya sekali lagi itu analisis yang salah,” tegasnya.

Sebelumnya, survei LSI ada enam partai yang tidak lolos PT empat persen. Sedangkan lima partai lainnya masih belum aman untuk lolos.

Enam partai yang terancam tidak lolos adalah Hanura 0,6 persen PBB 0,2 persen, Garuda 0,2 persen, PSI 0,1 persen, Berkarya 0,1 persen dan PKPI 0,1 persen.

Sedangkan lima partai yang belum aman adalah PKS 3,3 persen,  PPP 3 persen, Nasdem 2,8 persen, PAN 1,8 persen, Perindo 1,9 persen.

Survei dilakukan menggunakan metode multistage random sampling dengan 1200 responden. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Adapun margin of error survei plus minus 2,9 persen. (boy/jpnn) 

LEAVE A REPLY