Novanto Berobat di RSPAD, Dirjen PAS: Ada Jaminan dari Keluarganya

0
75

 Sri Puguh Budi Utami

Pertama.id – Keberadaan Setya Novanto di RSPAD Gatot Subroto, sudah sepengetahuan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dijen PAS) Sri Puguh Budi Utami. Terpidana kasus korupsi proyek Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) diizinkan karena ada jaminan dari keluargannya.

Sri Puguh menuturkan, sebelum melakukan perawatan, Novanto mempunyai catatan dari dokter RSPAD pada 24 April diminta untuk kontrol atas kondisi kesehatannya. Sebelum itu, pihak lapas mengklaim telah melakukan pengecekan oleh di dokter lapas. Sukamiskin.

“Jadi catatan untuk kembali ke RSPAD bukan dari dokter lapas tapi dari dokter RSPAD. Atas rekomendasi tersebut kalapas mengajukan surat permohonan kepada masyarakat kadipas dilengkapi dengan surat jaminan dari keluarganya, jaminan tidak lari dan seterusnya,” kata Sri Puguh di kantor KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (30/4).

Menurutnya, Kadipas Jawa Barat telah mengajukan permohonan pada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Atas rekomendasi tersebut, pihaknya mengaku telah melakukan komunikasi dengan rumah sakit terkait dengan kondisi Novanto.

“Karena memang syaratnya untuk kembali kontrol baru dikeluarkan izinnya oleh dirjen pemasyarakatan untuk berobat di RSPAD ini sesuai dengan prosedur dan mekanismenya,” ucapnya.

Sri Puguh juga menegaskan, dalam masa perawatan di RSPAD telah dikawal oleh polisi dan juga dari petugas sampai dengan RSPAD baru dilakukan pengecekan kesehatan.

Atas kejadian Novanto yang kedapatan makan di rumah makan padang tersebut, kemudian dibentuk tim untuk melakukan pendalaman.

“Hasilnya makan bubur, sekaligus nyari angin itu yang kami dapatkan informasi. Jadi kita sudah antisipasi agar tidak sampai lari, makanya ada ada jaminan dari Keluarga,” jelasnya.

sumber : jawapos

LEAVE A REPLY