Muhaimin Minta Debat Capres dan Cawapres Harus Adil

0
72

Pertama.id-Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar tidak mempersoalkan mekanisme debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang diatur Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut Muhaimin, penyelenggara punya kewenangan mutlak untuk menentukan model dan cara berdebat pilpres.

“Pada prinsipnya apa pun yang diatur dan disiapkan KPU, kami siap. Mau tidak ada soal yang dikasih tahu, mau (pertanyaan) tertutup, siap,” katanya kepada wartawan di gedung DPR, Jakarta, Selasa (8/1).

Wakil ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) itu menambahkan, yang penting capres dan cawapres mendapatkan keadilan dalam debat. Menurut dia, prinsip keadilan itu penting buat semua capres dan cawapres.

“Menyangkut positioning-nya yang penting adil. Kalau ada soal, semuanya harus tahu soalnya. Kalau tidak ada soal, tertutup, semua harus tertutup,” ungkap politikus yang karib disapa Cak Imin, itu.

Lebih lanjut, dia mengatakan Jokowi – Ma’ruf sudah mempersiapkan diri. Namun, ujar Cak Imin, tidak ada persiapan khusus yang dilakukan. “Terus diskusi di tim. Kalau persiapan khusus tidak ada Pak Jokowi, jalan saja. Tim saja yang menyiapkan apabila diperlukan,” katanya.

Pun demikian dengan Kiai Ma’ruf. Menurut Cak Imin, pendamping Jokowi itu pada prinsipnya sudah siap.

“Tinggal tim ini yang menyiapkan apabila diperlukan. Tapi, saya kira perdebatan ini kan visi misi yang sudah dipahami capres dan cawapres,” jelasnya.(boy/jpnn)

LEAVE A REPLY