Mesin Pesawat Lion Air Ditemukan, tapi Belum Bisa Diangkat

0
28

Pertama.id-Salah satu mesin pesawat Lion Air JT610 telah ditemukan dalam operasi gabungan di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Jumat (2/11).

Mesin pesawat tersebut ditemukan tim penyelam dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) sekitar 400 meter dari titik koordinat prediksi awal jatuhnya pesawat.

“Itu mesin pesawat yang biasa dilihat di bawah sayap. Kondisinya sudah tidak utuh. Keadannya juga sudah tidak terbungkus mungkin karena terkena arus laut,” kata Panglima Komando Armada I (Pangarmada) Laksamana Muda TNI Yudo Margono di Jakarta International Container Terminal (JICT), Jakarta Utara, Jumat (2/11).

Yudo melanjutkan, pihaknya belum bisa mengangkat mesin pesawat tersebut. Mereka menunggu bantuan crane buck dari Badan SAR Nasional (Basarnas).

“Masih berada di tengah laut. Untuk mengangkat dari bawah laut sulit jadi menunggu crane dari Basarnas,” kata Yudo.

Meski demikian, lanjut Yudo, pihaknya sudah menandai mesin tersebut. Jika ingin mencari mesin pesawat itu, maka bisa dilihat dari atas permukaan air.

“Pelampungnya berupa balon berwarna pink agar mencolok dan terlihat di tengah laut. Pelampung itu ada talinya yang ke bawah sampai mesin pesawat,” jelas Yudo. (tan/jpnn)

LEAVE A REPLY