Kemnaker Dorong Calon Dirjen ILO Dukung Strategi Prioritas Pembangunan Indonesia

0
80

Pertama.id – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah meminta kandidat Direktur Jenderal ILO Muriel Penicaud agar mendukung strategi prioritas pembangunan ketenagakerjaan Indonesia 2020 hingga 2024.

Strategi prioritas pembangunan ketenagakerjaan Indonesia ini adalah Transformasi Balai Latihan Kerja (BLK), Link and Match Pekerjaan, Transformasi Perluasan Kesempatan Kerja, Pengembangan Bakat Muda, dan Perluasan Pasar Kerja Luar Negeri.

Selain itu, Visi Baru Hubungan Industrial, Reformasi Pengawasan Ketenagakerjaan, Pengembangan Ekosistem Ketenagakerjaan, dan Reformasi Birokrasi.

Bukan Hanya Seremonial Menaker menyampaikan hal tersebut saat melakukan pertemuan secara virtual pada Jumat (4/3) dengan Menteri Ketenagakerjaan Prancis Elisabeth Borne terkait pencalonan Muriel Penicaud sebagai Direktur Jenderal ILO.

“Pemerintah Indonesia ingin menyampaikan, jika Penicaud terpilih sebagai Direktur Jenderal ILO yang akan datang, dapat mendukung strategi prioritas pembangunan ketenagakerjaan Indonesia 2020 sampai 2024,” ucap Menaker.

Selain itu, Menaker berharap Direktur Jenderal ILO yang akan datang dapat terus memperjuangkan keadilan sosial.

“Kami berharap Direktur Jenderal ILO yang akan datang dapat terus memperjuangkan juga memastikan kesempatan yang sama dan melarang semua diskriminasi, serta memastikan keadilan sosial dan pekerjaan yang layak untuk semua di seluruh dunia,” ucapnya.

Dia menyampaikan, saat ini Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan G20 Tahun 2022.

Presidensi G20 Indonesia 2022 akan mengangkat tema besar Recover Together Recover Stronger.

Sementara itu, G20 bidang ketenagakerjaan akan mengangkat tema Improving The Employment Conditions To Recover Together dengan fokus bahasan pada empat isu prioritas.

Empat isu priortas tersebut adalah penciptaan lapangan kerja yang berkelanjutan dalam menghadapi perubahan dunia kerja serta pasar tenaga kerja inklusif dan kuota kerja bagi penyandang disabilitas.

Kemudian, pengembangan kapasitas manusia untuk pertumbuhan produktivitas yang berkelanjutan, dan perlindungan tenaga kerja adaptif terhadap perubahan dunia kerja.

“Pemerintah Indonesia berharap, jika Madam Muriel Penicaud terpilih sebagai Direktur Jenderal ILO dapat memberikan dukungan terhadap isu-isu prioritas yang diangkat dalam kelompok kerja ketenagakerjaan G20 Indonesia Tahun 2022 ini,” ucapnya.

Sumber : JPNN

LEAVE A REPLY