Kasus Suap Proyek di Tulungagung, Penyidik KPK Bergerak Lagi

0
84

Pertama.id – Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali bergerak melakukan penyidikan kasus suap proyek pekerjaan di Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan penyidikan kali ini merupakan pengembangan dari kasus suap proyek yang menjerat mantan Bupati Tulungagung Syahri Mulyo.

“KPK saat ini melaksanakan pengembangan penyidikan dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi suap,” kata Ali Fikri dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (26/1).

Namun, lembaga antirasuah itu belum dapat menginformasikan secara menyeluruh konstruksi perkara yang tengah ditangani penyidik KPK.

Begitu juga tentang siapa saja pihak-pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap tersebut.

“Untuk uraian lengkap perkara, pasal yang disangkakan hingga dengan pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka belum dapat kami sampaikan,” ucap Fikri.

Dia memastikan bakal memublikasikan konstruksi perkara dan pihak-pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka saat telah dilakukan upaya paksa, baik penangkapan maupun penahanan terhadap tersangka. KPK juga akan selalu menyampaikan perkembangan penanganan kasus itu dan meminta masyarakat untuk aktif mengawasi selama proses tersebut berlangsung.

“Hal ini sebagai bentuk transparansi kami dalam menangani perkara,” ujar Fikri.

Sebelumnya, KPK telah memproses mantan Bupati Tulungagung Syahri Mulyo dalam perkara korupsi proyek pekerjaan di Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

Majelis Hakim pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya pada Februari 2019 telah menjatuhkan vonis terhadap Syahri Mulyo dengan pidana penjara selama 10 tahun dan denda Rp 700 juta.

Sumber : JPNN

LEAVE A REPLY