Kantor DPP PDIP di Lenteng Agung Jadi Terminal Dadakan demi Pemudik Lebaran

0
22

Pertama.id-DPP PDI Perjuangan menyediakan 214 bus untuk menggelar mudik gratis bagi masyarakat yang hendak berlebaran di kampung halaman. Sekitar 11 ribu pemudik pulang kampung menggunakan ratusan bus yang disewa partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu.

Rombongan peserta Mudik Gratis Bareng PDIP diberangkatkan dari lapangan di depan kantor partai berlambang kepala banteng itu di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (2/6) siang. Praktis, suasana kantor lama DPP PDIP itu berubah menjadi seperti terminal dadakan.

Ratusan bus yang tak tertampung di lapangan DPP PDIP terpaksa parkir di sepanjang Jalan Lenteng Agung Raya ruas Depok – Pasar Minggu. Selain itu, ribuan orang juga tumpah ruah menanti panggilan untuk memasuki bus.

Pengeras suara berkali-kali mengumumkan nama penumpang beserta nomor bus dan tujuannya. Sementara para peserta mudik gratis menunggu pemberangkatan bus dengan duduk-duduk di bawah tenda besar.

“Kantor PDI Perjuangan ini menjadi terminal dadakan untuk mudik lebaran,” kata Hasto saat melepas rombongan mudik gratis.

Menurutnya, bus-bus itu mengantar pemudik ke berbagai kota di Sumatera dan Pulau Jawa. Untuk bus tujuan Sumatera ada yang tujuan akhirnya Medan, Padang, Palembang dan Lampung.

Adapun bus yang membawa pemudik untuk berbagai daerah di Pulau Jawa akan menuju kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Menurut Hasto, PDIP secara rutin menggelar mudik gratis menggunakan bus sejak 2003.

“Ini tradisi mudik gotong royong PDI Perjuangan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2003. Jadi dalam situasi baik berada di dalam pemerintahan maupun di luar pemerintahan, PDI Perjuangan tetap memelopori tradisi mudik,” katanya.

Hasto menambahkan, kegiatan mudik gratis merupakan hasil gotong royong para kader. “Kami melayani seluruh warga yang mudik, apa pun agamanya, sukunya, latar belakangnya, hingga pilihan politiknya,” ujar politikus asal Yogyakarta itu.

Lebih lanjut Hasto mengatakan, proses pendaftaran bagi peserta Mudik Gratis Bareng PDIP hanya berlangsung dua hari. Karena besarnya antusiasme masyarakat, kursi yang disediakan langsung ludes.

Total sekitar 12 ribu kursi untuk mudik gratis. Dari jumlah itu ada 1.142 pemudik yang diberangkatkan menggunakan kereta api dari Stasiun Pasar Senen.

Karena itu sebagian besar peserta Mudik Gratis Bareng PDIP diberangkatkan menggunakan bus. “Ada yang mudik sampai Banyuwangi dan kami layani,” kata Hasto yang dalam kesempatan itu didampingi sejumlah ketua DPP PDIP antara lain Djarot S Hidayat, Nusyirwan Soejono, Mindo Sianipar dan Wiryanti Sukamdani.

Pada kesempatan sama Kepala Sekretariat DPP PDI Perjuangan Irvansyah mengatakan, pagi tadi Jalan Lenteng Agung Raya ruas Depok ke arah Pasar Minggu sempat ditutup sementara. Sebab, panitia harus mengatur bus dan peserta mudik gratis.

Namun, sekitar pukul 08.00 WIB penutupan berakhir karena bus sudah terparkir rapi dan para peserta mudik gratis telah mengetahui masing-masing armada yang akan membawa mereka. “Jalanannya sistem buka tutup,” kata Irvansyah.(jpg/jpnn)

LEAVE A REPLY