Kabar Gembira, Zona Hijau Covid-19 di Kota Ini Sudah 77,7 Persen

0
37

Pertama.id – Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) mengeklaim penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro cukup berhasil menekan penularan virus corona. Itu dibuktikan dengan meningkatnya jumlah zona hijau di ibu kota provinsi Kalsel itu per 6 April 2021, yakni mencapai 77,7 persen. Untuk daerah dengan status zona hijau di Banjarmasin, berarti tidak ada lagi penambahan kasus baru Covid-19, dan tingkat penularannya kecil.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi di dalam rapat koordinasi pimpinan terkait penanganan Covid-19 di Balai Kota setempat, Rabu (7/4).

Sementara itu, zona kuning Kota Banjarmasin tercatat sebesar 22,2 persen, sedangkan zona oranye hanya 0,1 persen dari 52 kelurahan di Kota Seribu Sungai itu. “Artinya tidak ada zona merah atau zona berbahaya penularan Covid-19 di kota kita,” ujar Machli.

Kondisi itu menurut dia jauh lebih baik dibanding sebelum penerapan PPKM skala mikro. Karena dinilai efektif menekan penularan virus corona, Pemkot Banjarmasin kembali memperpanjang penerapan PPKM skala mikro terhitung dari 6 April hingga 19 April.

Machli mengatakan strategi pengendalian Covid-19 tidak cukup dengan 3T dan 3M, tetapi harus disempurnakan dengan vaksinasi.

Keberhasilan PPKM sendiri tidak terlepas dari peran masyarakat dalam menumbuhkan sikap sadar dan peduli. Sementara itu, Pejabat Wali Kota Banjarmasin Akhmad Fydayeen menyatakan Pemkot berupaya bersama-sama menangani Covid-19 agar masyarakat yang ada di kota itu terhindar dari bahaya virus tersebut.

Pihaknya juga akan meningkatkan koordinasi terkait Satgas TNI-Polri agar penanganan pandemi di kota itu makin bagus.

Sumber : JPNN

LEAVE A REPLY