Juli 2018, LRT Sumatera Selatan Beroperasi

0
78

Pertama.id-Kementerian Perhubungan optimistis LRT Sumatera Selatan akan selesai dan dioperasikan pertengahan Juli 2018.

Hal ini untuk mendukung perhelatan akbar Asian Games 2018. Kementerian Perhubungan memastikan tingkat keamanan dan keselamatan dalam pengoperasiannya nanti.

Terkait hal tersebut, Kementerian Perhubungan telah melakukan serangkaian pengujian sarana dan prasarana LRT pada Mei 2018 dan uji coba dinamis telah dilakukan pada Kamis (21/6) kemarin dari Stasiun Jakabaring menuju stasiun Palembang Icon.

LRT Sumsel ini akan menghubungkan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin menuju kawasan sport city Jakabaring.

“Selain digunakan sebagai sarana transportasi yang bisa mengurangi beban jalan raya dan penggunaan kendaraan pribadi, juga akan digunakan sebagai venue untuk perhelatan Asian Games tahun 2018,” jelas Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri.

Untuk anggaran pemerintah yang digunakan dalam pembangunan LRT Sumsel ini kata Zulfikri telah diproses secara akuntabel, di mana telah dilakukan review secara berlapis mulai dari konsultan independen yang berkualifikasi internasional, audit internal maupun audit eksternal oleh instansi terkait agar sesuai dengan prinsip Good Coorporate Governance.

“Sebelumnya, usulan pembiayaan untuk proyek LRT ini oleh kontraktor awalnya diajukan sebesar Rp 12 triliun, namun setelah melalui beberapa tahapan review biaya tersebut bisa ditekan menjadi Rp 10,9 triliun,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan pembangunannya, PT Waskita Karya dibantu oleh konsultan pengawas (supervisi) yang berkualifikasi Internasional yakni SMEC Internasional asal Australia. Perusahaan tersebut telah mempunyai pengalaman yang cukup luas di beberapa negara di kawasan Asia, Australia, dan Afrika, Eropa, serta Amerika.(chi/jpnn)

LEAVE A REPLY