Inilah Parpol yang Berhasil Rebut Simpati Emak-emak dan Wong Cilik di Pemilu 2019

0
46

Pertama.id-Kantung suara emak-emak dan wong cilik, juga menarik perhatian di Pileg 2019. Partai manakah yang berhasil meraih simpati pemilih di dua segmen itu?

Berdasar survei LSI Denny JA yang dirilis, Rabu (20/2), PDI Perjuangan lagi-lagi unggul. Partai berlambang banteng moncong putih itu unggul telak atas rival-rivalnya.

Kantung suara perempuan termasuk di dalamnya emak-emak yang berjumlah 50 persen dari total populasi berdasar survei LSI Denny JA, berhasil direbut PDIP.

Peneliti LSI Denny JA Rully Akbar mengatakan, PDIP meraih suara 22, 0 persen. “Kemudian di posisi runner up ada partai Golkar sebanyak 13,3 persen,” katanya dalam rilis hasil survei terbaru LSI Denny JA, Rabu (20/2), di Jakarta.

Partai Gerindra hanya berada di posisi ketiga dengan raihan 12,3 persen. Sedangkan PKB di posisi keempat dengan perolehan suara 9,2 persen. Disusul Partai Demokrat 6,5 persen.

PKS berada di urutan selanjutnya dengan raihan 4,0 persen, PPP sebanyak 3,8 persen, Partai Nasdem 3,5 persen, Partai Perindo 2,6 persen, PAN 1,3 persen.

Partai lainnya yang mendapat dukungan di bawah satu persen yaitu Partai Hanura, Partai Berkarya, Partai Garuda, PSI, PBB, PKPI. “Pemilih emak-emak yang menyatakan tidak tahu, tidak jawab, belum memutuskan sebesar 20,6 persen,” ujar Rully.

Hasil tracking survei per bulan LSI Denny JA sejak Agustus 2018 hingga Januari 2019 memperlihatkan, PDIP unggul di pemilih emak-emak. Golkar bersaing ketat denga Gerindra. PKS, Nasdem dan PPP bersaing ketat di pemilih emak-emak di luar partai lima besar.

Beralih ke segmen wong cilik. PDIP lagi-lagi berhasil menjadi juara di segmen dengan base 50 persen pemilih dari total populasi. Raihannya 22,8 persen. Gerindra di posisi kedua, 12,9 persen. Berikutnya Partai Golkar dengan dukungan 11,6 persen, PKB 11,3 persen, Partai Nasdem 4,3 persen,

Partai Demokrat dengan 4,0 persen, PPP 3,6 persen, Partai Perindo sebesar 2,6 persen, PKS 1,8 persen, PAN 1,5 persen. Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Berkarya, PBB, PKPI, dan PSI di bawah satu persen.

“Pemilih wong cilik yang menyatakan tidak tahu, tidak jawab, belum memutuskan sebesar 22,6 persen,” jelasnya.

Hasil tracking survei per bulan sejak Agustus 2018 hinga Januari 2019 memperlihatkan, PDIP unggul dua digit dipemilih wong cilik. Gerindra, Golkar, dan PKB bersaing ketat, Nasdem bersaing ketat dengan PPP.

Survei dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia 18 – 25 Januari 2019 menggunakan 1200 responden. Survei menggunakan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini adalah 2,8 persen.

Selain survei, LSI Denny JA juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview untuk memperkaya analisa survei.(boy/jpnn)

LEAVE A REPLY