Indra Sjafri Ungkap Kunci Sukses Timnas U-22 Indonesia

0
29

Pertama.id-Timnas U-22 Indonesia besutan pelatih Indra Sjafri menjadi juara Piala AFF U-22 2019. Gelar juara diraih Bagas Adi Nugroho dkk, setelah pada laga final di National Olympic Stadium, Phnom Penh menaklukkan Thailand dengan skor 2-1.

Timnas juara dengan sederet pencapaian. Timnas lah yang menodai catatan tak pernah kebobolan Thailand. Timnas juga melenggang ke podium juara tanpa pernah terkalahkan sejak fase grup.

Lalu, apa rahasia sukses Garuda Muda? Menurut Indra, persiapan timnas sebetulnya sangat mepet. Apalagi pemusatan latihan dilakukan saat jeda kompetisi.

Alhasil dia membutuhkan perjuangan ekstra untuk bisa mengembalikan kondisi fisik pemain agar bisa prima. Selain itu, beberapa pemain tidak bisa ikut TC karena bermain di luar negeri.

Indra Sjafri. Foto: PSSI.org

“Memang, kemarin itu waktunya kurang ideal untuk pencapaian seperti ini,” kata Indra Sjafri.

”Semua pemain kami ajak untuk bisa. Bukan nggak ada keinginan untuk juara. Tapi ini karena tekad dan kerja keras pemain untuk bisa melalui hal ini dengan baik. Ada kemauan mereka untuk berprestasi,” papar pelatih 56 tahun tiu.

Rahasia lainnya adalah, disiplin yang cukup ketat. Hal ini semata untuk menjaga agar harmonisasi tim bisa terjaga dengan baik. Peraturan tidak hanya berlaku bagi pemain, tapi juga untuk seluruh staf. Termasuk dirinya.

“Kalau nggak mau pilihannya cuma dua, pilih keluar atau ikut. Sejak awal dibangun, dalam tim tidak ada yang lebih penting dibanding yang lain.”

”Jadi tidak ada perbedaan kasta. Untuk itu ada saling kepercayaan yang bikin harmonis,” ujarnya. (gil/bas)

LEAVE A REPLY