Iluni dan UI Peduli Sigap Bantu Korban Gempa Lombok

0
115

Pertama.id-Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) tidak hanya terus mengirimkan bantuan berupa bahan makanan dan lain-lain untuk warga yang menjadi korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mereka juga mengirim relawan ke area bencana untuk melakukan assessment dan pendampingan.

Relawan yang dikirim dari resimen mahasiswa (menwa), mahasiswa pencinta alam (mapala), Sasando yang merupakan komunitas mahasiswa UI dari Lombok, dan Pusat Krisis Fakultas Psikologi (Puskris) sebagai bagian dari tim UI Peduli.

Ketua Umum Iluni UI Arief Budhy Hardono mengatakan, donasi dari para alumni dan pihak lain sudah dan akan diimplementasikan dalam bentuk pengadaan keperluan sehari-hari seperti selimut, handuk, pakaian, serta bahan makanan.

“Iluni UI juga berkoordinasi dengan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), Tim Psikologi TNI dan Pusat Krisis Fakultas Psikologi UI (PUSKRIS UI) dalam persiapan pemberian pendampingan psikososial, dan psikoedukasi,” kata Arief, Kamis (23/8).

Dia menambahkan, Iluni Arsitektur UI juga telah mendesain shelter yang akan digunakan selama fase tanggap bencana sebelum infrastruktur desa pulih kembali.

“Setelah itu, diikuti dengan survei kelayakan lokasi peletakan shelter sebagai persiapan tahap selanjutnya,” tambah Arief.

Koordinator Iluni UI untuk penanganan bencana dan pascabencana di Lombok Endang Mariani menjelaskan, bantuan dari para alumni disebar di wilayah Sembalun di Lombok Timur, Tanjung (Lombok Utara), dan sekitar Gunung Sari (Lombok Barat).

LEAVE A REPLY