Hasil Survei: Ternyata, Ini Persamaan Jokowi dan Prabowo

0
21

Pertama.id-Hasil survei terbaru Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) memperlihatkan, mayoritas responden menilai karakter religiusitas dan ketegasan pada Jokowi sangat kurang. Sedangkan Prabowo dinilai kurang religius dan humoris.

“Ketika ditanya pertimbangan utama dalam memilih presiden dan wakil presiden, 49,8 persen responden menjawab karakter atau kepribadian capres dan cawapres,” ujar peneliti KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo dalam siaran pers yang diterima, Rabu (11/7).

Menurut Kunto, dari 12 kata sifat dan kepribadian, Joko Widodo dinilai santun, merakyat, dan humoris. Sedangkan Prabowo Subianto dipersepsi berpengetahuan luas, tegas, dan mengobarkan semangat.

“Namun keduanya dinilai rendah pada aspek religiusitas,” ucapnya.

Kunto menambahkan, pilihan cawapres yang sesuai adalah yang bisa menambal karakter dan kepribadian masing-masing calon presiden.

“Jadi, bila Pak Jokowi memandang perlu figur santri sebagai cawapres memang tepat, sebab itulah yang dibutuhkan Jokowi,” katanya.

Survei dilakukan di sepuluh provinsi dengan jumlah pemilih terbesar berada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Lampung, Sumatera Selatan dan Riau. Survei menggunakan sistem multiatage random sampling.

Jumlah responden 1148 orang dengan margin of error 2,89 persen pada interval kepercayaan 95 persen. Survei didanai oleh dana internal Lembaga Survei KedaiKOPI.(gir/jpnn)

LEAVE A REPLY