Grab Luncurkan Solusi Transportasi Ekstra Proteksi

0
35

Pertama.id-Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak bagi banyak sektor dan menjadi perhatian semua pihak. Di tengah anjuran pemerintah agar masyarakat beraktivitas di rumah dan menjauhi keramaian, namun masih ada yang harus terus berjuang di luar rumah untuk memenuhi berbagai kebutuhan, termasuk para tenaga medis sebagai garda terdepan.

Melihat fenomena demikian, Grab telah melakukan berbagai inisiatif demi membantu pemerintah menekan laju penyebaran wabah COVID-19, termasuk persiapan untuk skema New Normal, yaitu dengan adanya GrabBike Protect dan Pasukan Siaga COVID-19.

Selain itu, Grab juga turut melakukan upaya membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa keluar rumah dengan layanan GrabExpress, GrabMart, dan GrabAssistant.

“Sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah Kota Semarang, Grab siap membantu dengan berbagai inisiatif yang kami jalankan demi menekan penyebaran virus saat ini. Dimulai dari inisiatif memberikan proteksi lebih pada armada GrabBike untuk memastikan kebersihan dan keselamatan berkendara, hingga menyediakan layanan untuk terus memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa harus keluar rumah. Kami harap dukungan yang kami berikan bisa terus memberikan kemudahan dan kenyaman bagi masyarakat di tengah pandemi ini,” jelas Ardian Guritno, Government Relations Jawa Tengah, Grab
Indonesia.

Sebagai garda terdepan melayani masyarakat, lanjutnya, mitra pengemudi GRAB diharapkan untuk bisa selalu menaati protokol pencegahan COVID-19 disetiap orderan. Rajin mencuci jaket,mencuci tangan, menjaga box pengantaran makanan serta menjemur uang yang diterima.

Seperti diketahui, saat ini masyarakat sangat mengedepankan layanan online dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kondisi Kota Semarang memang saat ini mengalami trend yang positif.

“Setiap hari semakin banyak yang sembuh. Harapannya trend ini akan terus bisa berlangsung dan wabah COVID-19 ini segera berlalu,” kata kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Moch. Abdul Hakam.

Selain meluncurkan GrabBike Protect, Grab Semarang juga menghadirkan Pasukan Pejuang COVID-19 yang berperan untuk membantu para tenaga medis melalui layanan pengantaran GrabExpress dan GrabFood dari dan ke Rumah Sakit rujukan COVID-19, memberikan kode promo khusus layanan
GrabBike khusus untuk tenaga medis.

Selain itu, Grab akan memberikan fasilitas rapid test COVID-19
untuk ratusan mitra pengemudi dan para tenaga medis di Semarang melalui layanan GrabHealth yang bekerja sama dengan Good Doctor untuk memastikan kesehatan para mitra.

Dede Bambang Hartono, SE, MM, selaku Kepala Bidang Angkutan Pada Dinas Perhubungan Kota Semarang juga memberikan apresiasi untuk management Grab yang telah berinovasi dan berkontribusi untuk bersama pemerintah berupaya memutus rantai penyebaran COVID-19 juga kepada mitra pengemudi yang telah menjadi Pasukan Pejuang COVID-19.

“Selain selalu menjaga keamanan dalam berkendara, mereka juga menjalankan protokol pencegahan serta Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hal ini tentunya membuat pelanggan dan pengemudi sama-sama merasa aman, nyaman, dan terlindungi,” ujarnya.

Dalam hal memenuhi kebutuhan harian masyarakat, Grab juga menghadirkan GrabExpress, GrabMart, dan GrabAssistant. Melalui kerja sama dengan sejumlah warung kelontong, toserba, supermarket, pedagang lokal, dan badan pemerintah daerah, Grab siap memfasilitasi layanan berbelanja dan mengantarkan kebutuhan sehari-hari dari berbagai pilihan toko dan pedagang untuk mendukung masyarakat tetap tinggal di rumah.

Sejak awal pandemi di Indonesia, Grab telah meluncurkan gerakan #KitaVSCorona yang terdiri dari berbagai inisiatif guna mendukung upaya melawan COVID-19.

Sebelumnya, Grab Semarang telah membagikan sembako, masker, hand sanitizer, dan vitamin serta melakukan penyemprotan desinfektan pada kendaraan untuk mitra pengemudi GrabBike, GrabCar serta fasilitas publik dengan bekerja sama dengan pemerintah Kota Semarang.

Grab juga turut mendukung Pemerintah Kota Semarang untuk memerangi virus ini dengan membagikan 1.000 paket makanan kepada para tenaga medis yang bekerja sama dengan lebih dari 30 mitra GrabFood, peletakan alat cuci tangan portable di beberapa titik ramai, dan bekerja sama dengan beberapa organisasi sosial untuk pembagian sembako kepada mitra pengemudi Grab yang terkena dampak dari pandemi ini.

Grab Semarang akan terus siap dan rutin melakukan upaya sebagai bagian dari dukungan dan kerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang khususnya untuk menangani dan menekan penyebaran wabah COVID-19 di Semarang.

“Saat ini diluncurkan 30 unit separator sebagai inovasi baru dari Grab yang diharapkan dapat membantu memutus rantai penyebaran COVID-19. Di bulan juni nanti akan diproduksi dengan jumlah yang lebih
banyak lagi,” tutup Ardian.(JP/Red)

LEAVE A REPLY