Gegara Cinta Ulama, Ratusan Warga Turki Ditangkap Rezim Erdogan

0
219

Pertama.id – Meski sudah memenjarakan ribuan orang yang dianggap sebagai musuh, rezim Recep Tayyip Erdogan masih belum merasa aman. Akibatnya, penangkapan terhadap warga sipil atau pun anggota militer terus dilakukan.  Terbaru, pemerintah Turki telah memerintahkan penangkapan 238 orang dalam operasi yang menargetkan para personel militer yang diduga pengikut Fethullah Gulen. Fethullah Gulen adalah seorang ulama Turki yang kini hidup dalam pengasingan di Amerika Serikat. Menurut Erdogan, mantan sekutunya itu adalah dalang upaya kudeta yang gagal pada 2016.

Operasi yang menargetkan para pecinta Gulen itu mencakup 60 provinsi dan merupakan bagian dari tindakan keras pemerintah Turki selama empat tahun terakhir.  Gulen sendiri selama ini membantah bahwa ia terlibat dalam upaya kudeta Juli 2016 yang menewaskan lebih dari 250 orang tersebut. Kantor berita Anadolu mengabarkan bahwa 160 orang telah ditahan dalam penggerebekan terakhir oleh polisi di Izmir.

Selain itu, sejumlah orang juga dicurigai dan menjadi sasaran operasi di Siprus utara. Di antara para tersangka yang ditahan adalah 218 personel militer yang masih bertugas, termasuk enam kolonel, tiga letnan kolonel dan sembilan mayor, kata Anadolu.

Sejak upaya kudeta, sekitar 80.000 orang telah ditahan sambil menunggu persidangan. Sekitar 150.000 pegawai negeri, personel militer dan lainnya telah dipecat atau diskors. Selain itu, lebih dari 20.000 orang telah dikeluarkan dari militer Turki.

Sumber : JPNN

LEAVE A REPLY