Begini Cara Membedakan Rest Area yang Ada SPBU dan Tidak, Gampang Kok

0
56

Pertama.id-Rest area merupakan salah satu tempat untuk pengemudi kendaraan yang ingin sekadar istirahat ataupun mengisi bahan bakar minyak (BBM) sebelum melanjutkan perjalanan menuju lokasi yang dituju.

Mungkin, ada sebagian pengguna masih bingung cara membedakan rest area di dalam tol yang dilengkapi dengan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Padahal tidak semua rest area memiliki SPBU, ada yang cuma dijadikan tempat istirahat sejenak, makan dan minum maupun memanfaatkan fasilitas toilet yang tersedia.

Lantas bagaimana cara membedakan rest area yang ada SPBU atau tidak? Consession Monitoring, Compliance & EHS Astra Tol Cipali Justinus Wisnu Dewanto menjelaskan, bahwa rest area memiliki dua tipe A dan B. Wisnu mengatakan, perbedaan rest area itu sudah berdasarkan ketentuan dari pemerintah.

Hal itu sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 10/PRT/M/2018 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan Pada Jalan Tol. “Kedua rest area (A dan B) harus memiliki fasilitas dan pelayanan berbeda untuk para pengguna kendaraan yang menuju keluar kota,” ungkap Wisnu di rest area 86 A di ruas tol Cipali, Kamis (26/11).

Wisnu menjelaskan, rest area tipe B itu tidak memilik SPBU dan luas areanya tidak terlalu besar. Hanya sekitar dua hektare dan hanya bisa menampung 70 unit dari jenis mobil penumpang maupun niaga. Perbedaan lainnya, kata Wisnu, tipe B tidak disediakan bengkel untuk kendaraan yang mengalami kendala darurat. Meski demikian, fasilitas seperti tempat menjual makanan dan minuman, toilet, masjid, dan supermarket tetap tersedia.

Sementara itu, untuk rest area tipe A sudah dilengkapi dengan SPBU, bengkel umum hingga fasilitas lainnya.

Menurut Wisnu, perbedaan rest area tipe A dan B cara membedakan sangat mudah. Sekitar satu kilometer sebelum lokasi biasanya ada rambu petunjuk istirahat. “Jika ada petunjuk SPBU, maka bisa dipastikan itu tipe A. Lalu saat pengguna masuk ke dalam, bisa terlihat ruas areanya pasti beda,” ungkapnya. (JPNN/Red)

LEAVE A REPLY