APSI: Pengesahan Aturan IMEI Membawa Angin Segar bagi Industri Seluler

0
32

Asosiasi Pengusaha Seluler Indonesia (APSI) menyambut baik pengesahan aturan International Mobile Equipment Identity (IMEI). Pemberlakuan aturan ini diyakini membawa dampak positif bagi industri ponsel dalam negeri.

“Ini memang sangat mendukung industri telekomunikasi di Indonesia dan bisa mengurangi┬áblack market,” kata ketua asosiasi, Kang-Hyun Lee saat ditemui di acara penandatanganan aturan IMEI di Jakarta, Jumat.

Lee, yang juga Wakil Presiden Samsung Electronics Indonesia, menganggap peredaran hp ilegal berdampak negatif untuk produsen, melainkan juga negara dan konsumen.

Peredaran ponsel black market menyebabkan kompetisi antarvendor menjadi tidak sehat. Pasalnya, lanjut Lee, hp ilegal umumnya menawarkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan ponsel legal. Sehingga merusak harga pasaran.

Selain itu, kata Lee, negara juga dirugikan karena kehilangan (kesempatan) untuk dapat pajak.

Bagi konsumen sendiri, hp ilegal tidak bisa memberikan jaminan keamanan produk. ” Artinya, konsumen juga dirugikan.”

Lee tidak ingin mengukur berapa besar potensi kenaikan penjualan berkat aturan IMEI ini, namun, baginya yang lebih penting adalah iklim industri yang dapat berkompetisi secara adil dan konsisten.

“Dampaknya baik dan terang. Pasti ini baik secara jangka panjang untuk perkembangan telekomunikasi Indonesia,” kata Lee.

Lee menilai perlu ada sosialisasi kepada masyarakat pengguna ponsel agar mereka memahami dampak positif dari aturan IMEI ini. (antara/jpnn)

Sumber :JPNN

LEAVE A REPLY