Amankan Selat Bali saat Pemilu, Lanal Siagakan 12 Alutsista

0
34

Pertama.id-Anggota Lanal Banyuwangi melakukan patroli dengan kapal-kapal feri yang berada di Selat Bali.

Sambil menenteng senapan laras panjang jenis SS1-M1, pasukan yang menaiki perahu karet dan kapal Patkamla itu memastikan kemanan setiap kapal yang menyeberang.

Patroli tersebut digelar mulai H-8 pemilu hingga H+8 pemilu. Kapal-kapal patroli milik Lanal dan beberapa instansi seperti satpolair, KKP, Pelindo, dan ASDP juga ikut dalam patroli tersebut.

Danlanal Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal mengatakan, kerawanan di Selat Bali cukup bervariasi.

Pihaknya pun men-sweeping kapal-kapal yang menyeberang dari Bali ke Banyuwangi dan sebaliknya.

”Kami hindari peredaran miras, narkoba, dan bahan peledak. Ini upaya meningkatkan kewaspadaan. Jangan sampai kondisi ini dimanfaatkan oknum tertentu untuk melakukan kejahatan di atas kapal,” terang mantan komandan kapal selam Nanggala itu.

Lanal juga mengerahkan 12 alat utama sistem persenjataan (alutsista). Yakni, 2 Kapal Angkatan Laut (KAL), 3 Patkamla, dan 8 perahu karet.

”Pengamanan kami tingkatkan sesuai perintah Koarmada 2. Kami bekerja sama dengan stakeholder lain seperti pol air, KKP, Pelindo, dan ASDP. Nanti juga ada KRI yang siap berpatroli,” papar Yulius.

Selain patroli dari kapal, 250 personel Lanal disiagakan untuk mengamankan perairan di Banyuwangi.

Sebanyak 150 marinir dari Puslatpur Lampon dan 150 marinir dari Karangtekok juga bisa dikerahkan sewaktu-waktu.

”Patroli itu untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang akan menyalurkan aspirasinya,” imbuhnya. (fre/aif/c18/diq/jpnn)

LEAVE A REPLY