Almisbat Pastikan Temani Banser Hadapi Intoleransi

0
157

Pertama.id-Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (Almisbat) mendukung upaya Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) memerangi intoleransi di tanah air.

“Almisbat dan GP Ansor ada di garis perjuangan yang sama dalam banyak hal, terutama yang berkaitan dengan isu demokrasi, toleransi, dan NKRI, ” kata Ketua Umum Almisbat Hendrik Sirait saat berdialog dengan Pimpinan Pusat GP Ansor di Jakarta, Senin (5/11).

Dia menambahkan, garis perjuangan itu sudah menjadi muruah setiap pengurus dan jaringan Almisbat di seluruh Indonesia.

Menurut Hendrik, ada ancaman potensial dan aktual terhadap kebangsaan serta kebinekaan dari berbagai kelompok intoleran.

“Termasuk dari HTI (Hizbut Tahrir Indonesia) yang selama ini bergerak secara licik dengan menunggangi demokrasi, sistem yang sejatinya mereka haramkan, ” kata Hendrik.

Hendrik menuturkan, saat ini banyak kalangan seperti terjebak dalam ketakutan dan memilih diam.

“Kondisinya menuntut kita untuk melawan. Harus muncul suara perlawanan dari mayoritas yang selama ini diam,” tambah Hendrik.

Dalam kesempatan itu Hendri juga mengapresiasi sikap GP Ansor yang terus berkomitmen menjaga Indonesia.

“Oleh karena itu, Almisbat tidak akan pernah membiarkan GP Ansor sendirian dalam perjuangan ini. You’ll never walk alone,” tegas pria yang pernah menjadi korban penculikan dan tahanan politik pada era Orde Baru itu.

Sementara itu, Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, pihaknya selalu siap mengawal NKRI.

“Kami berpegang teguh pada amanah dari para kiai kami yang dulu ikut berjuang mendirikan negara ini,” ujar pria yang karib disapa Gus Yaqut itu.

GP Ansor sendiri sempat mendapat sorotan tajam karena ada anggota Barisan Serbaguna (Banser) yang membakar bendera HTI pada perayaan Hari Santri Nasional di Garut, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

“Kami sebetulnya sudah mengetahui akan adanya provokasi tersebut sehingga mengeluarkan protap untuk mengantisipasinya,” tambah Gus Yaqut.

Gus Yaqut pun menyambut baik dukungan dan prospek kerja sama dengan Almisbat untuk merawat keberagaman.

“Peran dan dukungan dari elemen masyarakat sipil seperti Almisbat sangat penting. Meskipun GP Ansor memiliki jutaan anggota, tetapi perjuangan ini mestinya jadi concern kita sebagai anak bangsa,” kata Gus Yaqut.

Dia juga meminta aparat pemerintah bertindak tegas terhadap pihak-pihak yang ingin menghancurkan NKRI.

“Ini mestinya yang harus jadi perhatian. Sebab, selalu ada pihak mencoba jadi penumpang gelap dalam situasi seperti saat ini,” kata Gus Yaqut. (jos/jpnn)

LEAVE A REPLY