Adakah Formasi CPNS 2021 untuk Lulusan SMA? Ini Jawaban Kepala BKN

0
34

Pertama.id – Formasi CPNS 2021 untuk lulusan SMA masih ada. Namun, menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, jumlahnya tidak terlalu banyak dibandingkan lulusan D3, D4, dan S1. Sejatinya, kata Bima, pemerintah menginginkan aparatur sipil negara (ASN) berkualitas tinggi sehingga pelayanan publik menjadi bagus. Karena itu dibutuhkan ASN yang mumpuni. Artinya memiliki kompetensi sesuai jabatan yang dilamar.

“Nah, itu ada pada pelamar lulusan S1, D4 atau D3. Kalau SMA tidak belajar sama sekali tentang itu,” kata Bima dalam podcast JPNN.com, Rabu (23/6).

Melihat hal itulah, lanjut Bima, pemerintah akhirnya mulai mengurangi perekrutan lulusan SMA ke bawah. Namun, formasinya tetap ada walaupun sangat sedikit.  Dia mencontohkan penjaga lembaga pemasyarakatan (lapas) tetap direkrut dari lulusan SMA.

Kementerian Hukum dan HAM sebagai instansi yang merekrut lulusan SMA, punya sekolah kedinasan untuk calon penjaga lapas. “Jadi lulusan SMA akan lebih ditarik masuk sekolah kedinasan. Namun ketika masuk sekolah kedinasan, mereka sudah tes CPNS sehingga statusnya CPNS juga,” terangnya.

Dia menambahkan, pemerintah mengarahkan lulusan SMA masuk CPNS lewat jalur sekolah kedinasan agar kualitas birokrasi makin baik.

Saat di sekolah kedinasan itu mereka akan dilatih menjadi CPNS yang mumpuni.

Sumber : JPNN

LEAVE A REPLY