5 Manfaat Minum Air Mineral bagi Kesehatan Tubuh

0
46

Pertama.id-Air mineral, disebut-sebut baik bagi kesehatan. Berbeda dengan air matang atau air keran yang dimasak sendiri, air mineral melalui proses pembuatan tertentu sebelum akhirnya dapat diminum.

Bicara tentang manfaatnya bagi kesehatan, konon ini terkait dengan kandungan mineral yang terdapat di dalamnya. Beberapa jenis mineral yang biasanya terkandung antara lain magnesium, kalsium, potasium, sodium, bikarbonat, besi, dan seng.

Manfaat air mineral
Karena memiliki sejumlah kandungan mineral, air mineral ternyata menyimpan sejumlah manfaat, seperti:

1. Sumber magnesium
Air mineral merupakan sumber magnesium. Mineral ini berperan penting untuk mengatur tekanan darah, kadar gula darah, serta fungsi persarafan tubuh.

Beberapa gejala kekurangan magnesium adalah penurunan nafsu makan, kelelahan, lemah otot, mual, dan muntah.

2. Menurunkan tekanan darah
Kekurangan magnesium dapat berdampak pada peningkatan tekanan darah, gagal jantung, serta gangguan irama jantung. Nah, mengonsumsi air mineral yang mengandung magnesium bisa membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah.

Hal ini didukung oleh hasil penelitian pada 70 orang dewasa dengan tekanan darah tinggi dan kadar magnesium yang rendah. Peneliti berkesimpulan bahwa individu yang mengonsumsi 1 liter air mineral per hari menunjukkan terdapatnya penurunan tekanan darah.

3. Mencukupi kebutuhan mineral tubuh
Air mineral yang mengandung kalsium, magnesium, dan kalium dalam jumlah yang banyak, akan membantu mencukupi kebutuhan mineral tubuh dan melancarkan aliran darah. Selain itu, beberapa jenis mineral juga membantu mengatur ritme dan irama jantung.

4. Memperkuat tulang
Air mineral mengandung kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang. Saat terjadi patah tulang, tubuh akan membentuk tulang yang baru. Pada masa remaja, tulang baru lebih cepat dibentuk dibandingkan dengan pada orang yang lebih tua.

Akan tetapi, setelah usia 20 tahun, penghancuran sel tulang yang tua akan lebih cepat dibandingkan dengan pembentukan tulang yang baru. Hal ini menyebabkan tulang menjadi rapuh dan lemah.

Melakukan aktivitas fisik secara teratur serta mengonsumsi makanan kaya kalsium akan membantu memperkuat tulang dan mencegahnya dari kerusakan.

5. Membantu menjaga kesehatan saluran cerna
Mendapatkan jumlah magnesium yang cukup dari makanan akan membantu mencegah konstipasi dan meningkatkan kesehatan saluran cerna. Magnesium dapat menarik air ke dalam usus sehingga memperbaiki konsistensi tinja.

Penelitian pernah dilakukan pada penderita konstipasi yang mengonsumsi air mineral yang mengandung magnesium sulfat dan sodium sulfat. Hasilnya, keluhan berkurang serta orang tersebut mengalami peningkatan kualitas hidup.

Pada dasarnya, air mineral aman untuk dikonsumsi. Akan tetapi, karena dikemas di tempat asalnya, air mineral masih dapat mengandung mikroba dalam jumlah yang rendah.

Selain itu, air mineral diproduksi dalam kemasan plastik yang berpotensi mengandung mikroplastik. Meski demikian, berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2018, mikroplastik yang terdapat dalam kemasan botol air mineral tidak berpotensi untuk menimbulkan bahaya.

Anda bisa mendapatkan manfaat air mineral bagi kesehatan dengan mengonsumsinya sesuai kebutuhan cairan Anda, yaitu sekitar 8 gelas atau 2 liter air setiap hari. Berkonsultasilah lebih lanjut pada dokter untuk memastikan kebutuhan dan jenis air minum yang sebaiknya Anda konsumsi.(HNS/RH/klikdokter)

LEAVE A REPLY